Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

Pantai Bama - Taman Nasional Baluran

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 11 October 2012
di Jaya Indonesia, Jaya Perikanan dan Jaya Lautan - 0 komentar

Indonesia muerupakan negera beribu pulau tercatat 17.508 pulau di Indonesia, salah satunya pantai yang berada di Taman Nasional Baluran yakni pantai Bama. Pantai yang terletak diprovinsi jawa timur tepatnya wilayah situbondo sekitas 16 km dari pintu masuk Taman Nasional Baluran. Pemandangan yang disajikan dalam perjalanan menuju sungguh menakjubkan melewati hutan yang cukup lebat dan padang rumput yang menyerupai wilayah di padang savanah dengan berbagai macam hewan lalulalang dijalanan yang dilalui.

            Sesampai diwilayah pantai kami dimanjakan dengan pantai pasir yang berwarna putih dengan ombak yang melambai – lambai seakan – akan memiliki irama sendiri. Selain itu adanya hutan bakau yang cukup lebat juga menambah keindahaan alam pantai disana. Tak lupa dengan tujuan kami disana sebagai calon sarjana perikanan lulusan universitas Airlangga kami melakukan praktikum lapang tentang mata kuliah disemester genap yakni Oceanologi dan Avertebrata. Di pagi hari kami langsung melakukan praktikum Oceanologi dimana mengharuskan kami untuk berenang dan menyelam kedalam laut untuk melaksanakan praktikum (Pengukuran tingkat kecerahan, pH, salinitas, serta pasang surut). Suasana praktikum tak jauh bedanya dengan suasana liburan di akhir semester bersama kawan – kawan seangkatan 2011. Berenang kearah laut yang sangat biru terkadang melintas ubur – ubur (Aurelia aurita) berenang didepan kita. Ada juga ubur – ubur yang ditangkap kawan yang lain untuk diamati dan difoto – foto. Setelah melakukan berbagai macam praktikum yang tak terasa seperti praktikum dikampus kami membilas tubuh bersama – sama dengan air hasil gotong royong dari memompa satu – satunya sumur disana.

            Siang hari yang tidak begitu terasa terik panasnya kami melanjutkan aktifitas sambil menunggu laut surut untuk melakukan praktikum kedua kami (Avertebrata), kami bercanda gurau, berfoto, menikmati angin pantai, dan makan cemilan walaupun banyak sekali pencuri (monyet, haha). Waktu menanti laut surut pun tak terasa ternyata laut sudah terlihat dasarnya, kami pun memulai eksplorasi biota – biota laut yang berada didasar perairan guna memenuhi tugas praktikum avertebrata, yakni mengumpulkan biota – biota laut sarta mengamati anatominya. Tak lupa kami memfoto hasil temuan kita sebagai bahan laporan praktikum. Hingga jauh dari garis pantai kami mengeksplorasi biota laut. Banyak hal yang kami temukan mulai dari kelas mollusca, crustacea, hingga Ikan : Teripang (Holonthuria sp.), Bintang Laut, Bintang Ular, Bulu Babi, keong – keongan, siput, kepiting, rajungan, udang, bahkan ada salah satu kawan ku dapet ikan nemo (clown fish). Selain itu terumbu karang disana juga beragam dan banyak jadi ketika kita melangkah diperairan harus berhati  - hati agar tidak menginjak dan merusak terumbu karang (tahukah kalian bahwa terumbu karang membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun untuk tumbuh sepanjang 1cm). Semua biota – biota yang kami dapat ada beberapa yang direlease dilaut lagi guna menjaga kelestarian jenisnya. Saya rasa cukup sekian bertele – telenya sudah bosen bercerita haha.. saran saya mungkin untuk mengisi liburan bersama keluarga pantai bama merupakan pilihan yang tepat untuk bersantai bersama keluarga. Tidak hanya pantai yang akan kalian dapat tapi juga suasana alam yang dijaga keaslianya untuk menjaga ekosistem alamnya. Selamat berencana.

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :