Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

Alasan SNMPTN dihapus.

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 28 December 2012
di Pendidikan - 0 komentar

 

SNMPTN merupakan wahana yang harus dilalui para mantan siswa SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. lebih tinggi sekolah maka semakin besar kesempatan mendapatkan kepastian didunia pekerjaan. maka dari itulah banyak sekali siswa - siswa sma yang baru LULUS, berbondong - bondong untuk memperebutkan sebuah kursi di perguruan tinggi negeri. namun berita terbaru menyatakan bahwa sistem snmptn untuk tahun depan dihapus!! info yang saya dapatkan alasan yang mendasari penghapusan SNMPTN sebagai berikut :
1. Bentuk pengakuan proses belajar
Dengan adanya rencana penghapusan adalah bentuk pengakuan dunia perguruan tinggi terhadap kinerja pembelajaran saat di sekolah menengah dengan nilai rapor yang diperoleh siswa. Yang terpenting adalah sekolah  memberikan data yang sebenarnya.
2. Pengakuan kredibilitas nilai UAN
kredibilitas penyelenggaraan dan menekan kemungkinan terjadinya kebocoran dan kecurangan soal UAN. Rencana kedepan dalam hal pencetakan naskah soal akan dilakukan secara nasioanal bukan tiap propinsi seperti saat ini. Ketika hasil UAN sudah benar-benar kredibel maka hasil UAN akan mentukan kemampuan siswa dalam pembelajaran.
3. Efektivitas penyelenggaraan SNMPTN
Dalam penyelenggaraaan SNMPTN saat ini cukup menyita waktu, pasalnya calon mahasiswa harus mengikuti berbagai ujian di tempat yang telah ditentukan. Tempat ujian pun juga tidak disatu tempat karena keterbatasan tempat ujian untuk menampung seluruh peserta.
4. Penghematan dana
Dana yang digunakan untuk SNMPTN cukup besar berkisar antara Rp. 150.000-175.000 per calon mahasiswa.  Jika hal tersebut dapat ditekan maka akan mahasiswa akan lebih murah membayar untuk SNMPTN.
Penghargaan atas hasil belajar selama menempuh jenjang sekolah menengah hendaknya juga diimbangi oleh kejujuran para guru di sekolah menengah. Sehingga nilai yang dikirim benar-benar menggambarkan kemampuan siswa, tidak hanya sekedar ambisi untuk diterima di perguruan tinggi.

semoga anda semua bisa mengkritisi dari alasan - alasan tersebut.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :