Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

Megawati Ibu Pelindung Orangutan

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 21 February 2013
di Lingkungan - 0 komentar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, menobatkan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri sebagai Ibu Pelindung Orangutan.

Gelar tersebut diberikan bersamaan dengan pelepasliaran 20 orangutan Kalimantan (Pongo pygmeus) di kawasan Hutan Lindung Bukit Batikap, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Pelepasliaran 20 orangutan hasil reintroduksi Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) ini dilakukan pertama kali untuk tahun 2013. Sementara pada tahun lalu telah dilepasliarkan 44 orangutan yang kini mampu bertahan hidup di kawasan hutan lindung tersebut.

Gubernur Kalimantan Tengah Teras Narang menilai perlu langkah strategis dan berkelanjutan untuk menghindari kepunahan orangutan. Salah satunya ialah dengan mengajak berbagai pihak untuk peduli, mengingat peran orangutan dalam menjaga ekosistem hutan sangat vital.

"Kehadiran ibu (Megawati) menampakkan kepedulian beliau terhadap masalah orangutan dan yang paling penting tentang pelestarian hutan. Maka, atas nama pemerintah provinsi mengajukan agar berkenan sebagai Ibu Pelindung Orangutan," ujar Teras Narang.

Yayasan BOS saat ini masih melakukan proses reintroduksi terhadap 620 orangutan di Kalimantan Tengah dan 200 di Kalimantan Timur yang akan dilepasliarkan secara bertahap hingga tahun 2015 mendatang. Populasi orangutan Kalimantan kini diprediksi hanya berkisar 30.000.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :