Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

Kabut Pagi Membersihkan Polusi Udara

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 05 March 2013
di Lingkungan - 0 komentar

Forumhijau.com - Kabut pagi menghilangkan partikel udara yang berbahaya bagi kesehatan pernafasan manusia. Tetesan-tetesan air di dalam awan pagi merupakan ukuran yang tepat untuk mengumpulkan dan mengikat partikel polusi udara yang mengapung di udara. Setelah awan kembali ke tanah, awan membawa partikel polusi udara bersamanya.

Awan pagi yang mampu membuat pemandangan menjadi lebih redup ternyata dapat membersihkan langit yang mengandung banyak polusi.

Menurut ahli kimia atmosfer, Jeffrey Collett, Jr dari Colorado State University di Fort Collins, dalam kasus di mana banyak menemukan awan yang mengikat polusi udara dan tetesan-tetesan awan didepositkan ke tanah, polutan-polutan tersebut ikut serta dalam tetesan-tetesan ke dalam tanah.

Beragam awan muncul di wilayah tertentu. Namun, jenis awan yang bertanggung jawab terhadap pembersihan polusi udara disebut awan radiasi. Awan radiasi biasanya terjadi pada pagi hari. Awan radiasi terbentuk ketika atmosfer dalam keadaan stabil dan langit bersih dan tanah cenderung memancarkan panas ke langgit.

Awan radiasi mampu menciptakan partikel udara yang baru, namun juga membersihkan udara dengan menyerap partikel polusi udara.

Pada malam hari, panas dari tanah memancar ke luar angkasa, meninggalkan udara dingin di atas tanah. Setelah udara mencapai suhu spesifik, pembentukan tetesan-tetesan air mengelilingi partikel polusi dan menciptakan awan radiasi.

Ketika matahari terbit, tetesan-tetesan air terevaporasi, membersihkan partikel-partikel dari udara, dan meninggalkan kotor dan debu di tanah.

Collet mengatakan, awan-awan tersebut menghilangkan partikel-partikel udara yang bermasalah terutama penderita sakit pernafasan. Jumlah polusi udara yang mampu dibersihkan awan radiasi tergantung dari ukuran partikel polusi dan ukuran tetesan air yang ada di dalam awan.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :