Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

Sungai Indonesia, Basecamp Tukang Sampah

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 18 March 2013
di Lingkungan - 0 komentar

Forumhijau.com - Sudah sejak 2002 disebutkan sekitar 250,000 kantong plastik kresek dibuang begitu saja ke Sungai Citarum oleh masyarakat sekitar. Belum lagi limbah industri dari pabrik tekstil dan lainnya yang mencemari demi sekedar keuntungan perusahaan belaka. 

Kalau limbah dan sampah tersebut mengendap, maka pendangkalan sungai akan mengakibatkan banjir yang semakin lama semakin parah. Pemerintah Jabar harus bisa mengendalikan semua aspek sungai ini karena daerah sekitar sungai sudah semakin dihadapi dengan masalah penyakit yang semakin meluas akibat polusi dan limbah. 

Padahal sudah ada Program Bergeutar (Bersih, Geulis, Lestari). Bukan pemerintah namanya kalau tidak kreatif membuat nama program.

Padahal kalau Sungai Citarum yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Jawa Barat ini bersih dan asri, bisa saja dijadikan waterway seperti di Jakarta atau untuk sarana turis. Pabrik yang ada disekitar sungai juga harus sadar. Mungkin mereka sebenarnya sadar, tetapi kalau tidak ada untungnya, atau bisa menyogok juga sebelum melakukan sesuatu yang susah juga. Pemerintah harus bisa berbuat tegas dengan para pemilik pabrik. 

Bagaimana dengan masyarakat sekitar juga? Mereka selain protes tentang bau busuk serta polusi juga tetap membuang sampah ke sungai. Bagaimana dengan sosialisasinya? Bagaimana juga dengan sungai-sungai lainnya di Indonesia? Kalau kita lihat negara lain selalu sungai itu menjadi primadona untuk piknik, olahraga sampai tujuan turis. 

Tapi kalau di Indonesia sungai hanya tempat mangkal tukang sampah yang hidupnya bergantung dari sampah yang mereka kumpulkan.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :