Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

Langkah Presiden Hugo Chaves Mempertahankan Kekayaan Negara

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 18 March 2013
di Info Global - 0 komentar

Forumhijau.com - Dunia dibuat terkejut ketika Chavez memaksa perusahaan minyak asing memberikan porsi saham yang lebih besar untuk perusahaan negara. Jika perusahaan itu tidak setuju, maka Chavez mengancam akan segera menasionalisasi. Ini adalah sebuah tamparan keras khususnya terhadap negara kaya seperti Amerika Serikat yang perusahaannya dirugikan.

Begitulah cara Chavez berkonfrontasi. Dengan caranya itu uang minyak dan gas Venezuela bisa menghidupi rakyat dan menjamin kesejahteraan mereka. Tidak hanya itu, Chavez bahkan menggunakan uangnya itu untuk membantu negara lain di Amarika Latin melunasi utang-utangnya.

Dibawah ini adalah beberapa perusahaan swasta asing sektor industri minyak dan gas, perbankan, emas, baja yang mengalami langkah nasionalisasi sejak Hugo Chavez berkuasa.

Tahun 2007
- Pemerintah mengambil alih mayoritas kepemilikan perusahaan telepon CANTV yang sebelumnya dimiliki Verizon dari Amerika Serikat (AS)

- Pemerintah mengambil alih mayoritas saham pembangkit listrik Electricidad de Caracas, juga dari perusahaan AS, AES

- BUMN perminyakan PDVSA membeli pembangkit listrik Electrica Seneca dari perusahaan AS, CMS Energy

- Pemerintah Chavez mengumumkan program nasionalisasi ladang minyak Orinoco Belt bernilai US$ 30 miliar, yang dioperasikan 13 perusahaan asing

Perusahaan tersebut antara lain Exxon Mobil, ConocoPhillips dari AS, Total SA dari Perancis dan StatoilHydro ASA dari Norwegia, Inggris BP Plc dan Chevron Corp.

Mayoritas perusahaan asing mau menjual hak operasinya, sementara ExxonMobil dan ConocoPhillips menolak dan menggugat ke arbitrase internasional.

Tahun 2008

- Pemerintah melakukan nasionalisasi industri semen, Lafarge dan Holcim.
Pemerintah Venezuela mendapatkan 89% saham unit usaha Lafarge senilai US$ 267 juta dan 85% anak usaha Holcim senilai US$ 552 juta

- Pemerintah melakukan nasionalisasi perusahaan besi dan baja, Orinoco Ternium-Sidor serta Amazon Consortium

- Pemerintah mengambil alih Banco de Venezuela, bank yang sebelumnya dikuasai perbankan asal Spanyol Santander
Senin, 18 Agustus 2008 telah melakukan Nasionalisasi Perusahaan Semen Mexico di Venezuela, yaitu CEMEX secara paksa setelah berbulan-bulan gagal melakukan pengambilan alihan perusahaan itu melalui jalan negosiasi. Pemerintah menempatkan tentara di komplex pabrik semen tersebut untuk menjaga keamanan pabrik dan keberlangsungan operasional.

Tahun 2009

- Pemerintah mengambil alih proyek gas utama milik Williams Cos Inc

- Pemerintah menasionalisasi pabrik beras milik perusahaan makanan AS, yakni Cargill Inc

- Pemerintah mengambil alih perusahaan tambang emas Crystallex yang dimiliki Crystallex International Corp dari Kanada

Tahun 2010

- Pemerintah menasionalisasi Fertinitro, salah satu produsen pupuk nitrogen

-Pengambialihan Agroislena, perusahaan pemasok utama pertanian lokal, kemudian berlanjut pengambialihan perusahaan daging Makanan asal Inggris, Vestey.

- Pemerintah menasionalisasi perusahaan baja swasta terbesar di negara itu, Sidetur.
Perusahaan yang secara resmi dikenal sebagai Siderurgica de Venezuela SA, memproduksi sekitar 40% dari batang baja yang digunakan untuk konstruksi di Venezuela.

- Pemerintah menasionalisasi perusahaan pembuat botol Owens-Illinois Inc yang berbasis di Amerika

Tahun 2011

- Pemerintah menasionalisasi industri emas Toronto, atau biasa disebut Rusoro Mining Ltd, yang dimiliki keluarga Agapov asal Rusia. Ini merupakan penambang emas terbesar di Venezuela

Tahun 2012

- Pemerintah menasionalisasi 11 pengeboran minyak milik perusahaan AS, Helmerich and Payne

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :