Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

KUNCI HEMATNYA AIR ADA DI PEREMPUAN

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 22 March 2013
di Indonesia Hijau - 0 komentar

Forumhijau.com - Perempuan punya peran besar dalam penghematan air. Di mulai dari lingkungan keluarga, dan jika dilakukan secara serentak maka program penghematan akan berhasil. "Kendali penggunaan air ada di perempuan. Untuk itu, perlu melakukan edukasi bagi kaum perempuan," kata Pakar hidrologi Universitas Indonesia Firdaus Ali, Kamis.

Hingga perlu ada upaya lebih serius untuk melakukan edukasi, akan pentingnya air di masa mendatang. Namun ini tidak cukup dilakukan oleh kalangan akademisi, perlu ada dukungan dari pemerintah, khususnya dalam penyediaan akses air bersih bagi masyarakat. 

"Kalau bapak-bapak kan hanya mau enaknya saja, yang memasak dan menggunakan air adalah kaum perempuan," katanya. Ia mencontohkan, saat menggosok gigi jangan menggunakan pancuran hingga pemakaian air relatif lebih banyak. Gunakanlah gelas.

Ia menambahkan, kesulitan air bersih tidak hanya dialami oleh daerah dengan curah hujan yang kecil, tetapi juga dialami oleh Jakarta. Wilayah ini sudah mengalami krisis air sejak 18 tahun yang lalu. Krisis terjadi karena dua kondisi, yakni kelebihan pada musim hujan dan kekurangan sepanjang saat kemarau. 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :