Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

Siklus Hidup Air Untuk Kehidupan

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 22 March 2013
di Info Global - 0 komentar

Forumhijau.com - Air bisa cair, bisa padat membeku sebagai es, bisa menguap sebagai gas.

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya.

Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan.

Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme.

Walaupun air dapat melarutkan berbagai zat lain, akan tetapi air tidak melekat kedalam zat. Air yang kita minum sudah berada di planet Bumi ini sejak jutaan tahun silam, jumlah air tersebut tetap sama dari sejak dulu. Air tersebut sudah mengalami siklus perjalanan yang sangat panjang. 

Pernah menjadi air buah, air kencing kuda, air hujan, air bah, bahkan pernah menjadi air bangkai sekalipun akan tetapi keadaan air tersebut tetaplah murni adanya. Matahari akan menguapkan air di siang hari, memisahkannya dengan berbagai zat yang melarut didalamnya, lalu menjadi air hujan dan kembali terserap ke dalam tanah menjadi mata air. 

Begitulah alam telah mengatur kemurnian air untuk kehidupan makhluk di Bumi.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :