Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

Asia Sebagai pengimpor Sampah terbesar dari Inggris

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 08 April 2013
di Lingkungan - 0 komentar

Forumhijau.com - Jutaan ton sampah rumah tangga Inggris yang susah payah dipilah-pilah untuk didaur ulang justru dibuang ke sejumlah negara, termasuk Indonesia, China, dan India. Sampah ekspor itu berakhir di tempat pembuangan sampah akhir (TPA) negara di Kawasan Asia itu.

Dalam paper yang disiarkan Departemen Lingkungan, Pangan, dan Urusan Pedesaan (Defra), sebanyak 12 juta ton sampah "hijau" dikapalkan ke luar negeri setiap tahun dan di luar kendali depertemen itu.

Perdagangan sampah ekspor, terutama ke ASia, meningkat dua kali lipat dalam satu dekade terakhir, ketika dewan mengandalkan kontraktor untuk menangani gunungan sampah yang terjadi dari program daur ulang.

Peraturan menyatakan, sampah daur ulang itu harus diolah terlebih dahulu jika hendak diekspor, namun Defra kini mnegakui bahwa disejumlah negara, sampah itu tetap dibuang begitu saja tanpa pengolahan.

Menteri Lingkungan Owen Paterson mengatakan, Defra berencana mengetatkan inspeksi di pelabuhan untuk mengatasi perdaganagn sampah ilegal.

Pemerintah berulangkali menyatakan sampah rumah tangag didaur ulang dengan hati-hati. Namun Daily Mail mengungkapkan bahwa sampah dalam jumlah besar tidak dimanfaatkan untuk daur ulang, melainkan dibuang begitu saja ke TPA.

Kini juga diketahui bahwa sampah yang dikirimkan ke China, Indonesia, dan India juga hanya ditimbun, bukan didaur ulang.

Doretta Cocks, juru kampanye bagi Kolektor Sampah Mingguan berkata, "Orang-orang akan terkejut dengan perkembangan ini. Kebanyakan mereka percaya bahwa sampah yang mereka hasilkan didaur ulang di sini. Kini diketahui peti kemas yang tiba di sini dari China berisi televisi dan komputer, dan kembali ke China dengan isi sampah kita yang seharusnya didaur ulang. Sungguh memalukan!" 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :