Diorama Lingkaran

Other Frame of Me

9 Fakta Kondisi Saat Ini Pemicu Hancurnya Bumi (I)

diposting oleh lutfi-fpk11 pada 05 June 2013
di Lingkungan - 0 komentar

Bumi saat ini telah terserang berbagai macam penyakit yang dapat mengancam jiwanya dan menunggu kehancurannya.

sumbu,bumi,gempa,jepangNASA

Jika diibaratkan manusia, Bumi saat ini telah terserang berbagai macam penyakit yang dapat mengancam jiwanya. Apa yang dialami Bumi, mungkin tergambar dalam film "After Earth" yang tayang akhir Mei ini.

Beberapa adegan dalam film yang dibintangi Will Smith tersebut menyajikan berbagai bencana alam yang membuat planet ini tidak ramah lagi terhadap manusia. Ilmuwan mengungkapkan sembilan  fakta yang dialami Bumi, di mana menjadi tanda-tanda hancurnya Bumi antara lain:

1. Pemanasan global
Ini merupakan ancaman utama bagi Bumi. Perubahan iklim berimplikasi pada cuaca ekstrem, kekeringan di beberapa daerah, mengubah pola distribusi hewan dan penyakit di seluruh dunia, dan menyebabkan dataran rendah tenggelam di tengah naiknya permukaan laut.

 

tunguska,siberia,asteroid
Dampak hutan yang rata dengan tanah saat asteroid jatuh di Tunguska, Siberia. (Dok. Leonid Kulik Expedition/NASA)

 

2. Asteroid
Ilmuwan memyakini bahwa jatuhnya batuan luar angkasa ke Bumi dapat menghancurkan planet ini  dengan seketika.

Dampak meteor jelas terlihat dengan punahnya dinosaurus dan peristiwa Tunguska --saat sebuah meteor besar merusak sekitar 2.000 kilometer persegi hutan Siberia pada tahun 1908. 

3. Ancaman pandemik
Setiap tahun selalu bermunculan patogen mematikan. Patogen tersebut diantaranya SARS (sindrom pernapasan akut), flu burung, dan terakhir yang baru saja terjadi di Arab Saudi yaitu coronavirus disebut MERS. Karena kita saling berhubungan secara globa, maka sindrom mematikan ini jelas akan menyebar secepat api menyambar.

4. Jamur di antara kita
Jamur amfibi merupakan bakteri yang berbahaya, bahkan beberapa waktu lalu ancaman jamur cukup menakutkan. Infeksi jamur chytrid menyebabkan ratusan spesies katak dan salamander di seluruh dunia mati. Dan, infeksi jamur ini tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada manusia.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :